RT Osmosis - шаблон joomla Создание сайтов

BlogRead the Latest News

 

Bagi para operator yang ingin memperbaiki keakuratan petanya, ada beberapa cara yang dapat dapat dilakukan agar peta yang dibuat sesuai dengan tujuan komersial di industri seperti pertanian, konstruksi, dan pertambangan.

Berikut beberapa cara untuk meningkatkan keakuratan peta drone Anda:

- Pertimbangkan Cuaca

Ini mungkin terdengar mendasar, namun jelas kondisi cuaca sangat mempengaruhi kualitas gambar, yang pada gilirannya mempengaruhi akurasi keseluruhan peta. Berusahalah terbang sementara matahari paling tinggi di langit dan hindari pola cuaca seperti angin kencang dan penutup awan.

Pakar pertanian Chad Colby, yang telah menggunakan pesawat tak berawak selama beberapa tahun, mempelajari bahwa angin kencang dan gulungan awan yang umum terjadi di peternakan Midwestern harus dihindari saat pemetaan. Drones - terutama model yang lebih ringan - mengalami kesulitan untuk tetap stabil selama periode angin kencang, yang dapat membuat kualitas gambar menjadi buruk.

Awan bergulung cenderung menciptakan bayangan dan cahaya yang tidak konsisten. Untuk tujuan ini, operator UAV/Drone harus selalu mencoba merencanakan misi terlebih dahulu, mengetahui cuaca dan mengambil langkah untuk menghindari pemetaan dalam kondisi buruk.

image

Titik terang di tengah ladang gandum menunjukkan bagian yang dipetakan saat matahari terbit pada hari yang berawan

- Gunakan Kamera dan Sensor Berkualitas Tinggi

Salah satu hal paling sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan akurasi adalah meningkatkan resolusi foto.

Dengan meningkatkan resolusi gambar akan menurunkan angka GSD (Ground Sampling Distance), atau dengan kata lain, ini mengecilkan ruang antara piksel dalam foto.

Foto beresolusi tinggi berisi lebih banyak informasi, yang berarti ada kemungkinan lebih besar untuk menyesuaikan point yang sama. semakin banyak point yang sama yang dapat disesuaikan oleh software pengolahan peta udara, semakin tinggi keakuratan peta

-Terbang di Ketinggian Lebih Rendah

Dengan terbang dengan ketinggian yang lebih rendah akan menangkap lebih banyak detail dan menghasilkan jumlah foto yang lebih banyak, sehingga meningkatkan probabilitas untuk mencocokkan poin yang sama dalam foto udara.

Dengan Terbang lebih rendah juga akan meningkatkan resolusi foto yang berarti mengecilkan angka GSD.

image

-Tingkatkan Overlap

Meningkatkan Overlap untuk penerbangan adalah cara lain untuk menciptakan lebih banyak point yang bersesuaian dan akurasi yang lebih tinggi.

Overlap mengacu pada persentase kedua sidelap dan frontlap. Sidelap adalah persentase tumpang tindih antara setiap sisi penerbangan, sedangkan frontlap mengacu pada persentase tumpang tindih antara satu gambar dan gambar berikutnya.

Pada umumnya overlap diatur pada 60/70 untuk menemukan keseimbangan antara akurasi dan besarnya jumlah image.

-Capture Ground Control Points

Beberapa proyek hanya memerlukan tingkat keakuratan relatif tinggi, yang berarti titik tertentu pada peta akurat dibandingkan titik lainnya dalam peta yang sama.

Untuk peta yang memerlukan overlay geo reference, desain dan survei batas tanah, selain ketelitian relatif, diperlukan juga tingkat keakuratan pengukuran garis lintang dan longitudinal yang dikenal sebagai ketelitian global.

image

Untuk proyek yang membutuhkan tingkat keakuratan global, penting dilakukan langkah tambahan untuk menempatkan peta dalam sistem koordinat tertentu. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan titik kontrol tanah (GCP).

Penggunaan GCP pada dasarnya adalah pembuatan serangkaian penanda didaerah yang akan dipetakan,kemudian diukur koordinatnya dengan GPS yang cukup teliti. Keberadaan GCP ini memungkinkan perangkat lunak pengolahan foto udara untuk dapat membuat secara akurat peta anda dalam sistem koordinat yang ditentukan

Gunakan Drone dengan Sistem GPS RTK

Untuk meningkatkan ketepatan global, operator bisa menggunakan pesawat tak berawak yang memiliki sistem GPS RTK, Sistem ini menggunakan base station portabel untuk mentransmisikan data GPS yang akurat langsung ke uav/drone, memungkinkan Anda mengetahui koordinat yang tepat dimana gambar foto diambil.

Setiap proyek pemotretan adalah unik. Beberapa memerlukan tingkat keakuratan lokal yang tinggi, sementara yang lain memerlukan tingkat akurasi global yang tinggi

Apapun proyeknya, dengan memanfaatkan praktik terbaik dan teknologi berkualitas, operator uav/drone dapat meningkatkan keakuratan peta mereka dan menghasilkan data berkualitas yang sesuai untuk proyek yang paling rumit sekalipun

.

sumber : dronedeploy.com